Tuesday, June 1, 2010

7 Keajaiban Alam

1. Grand Canyon


Jurang ini, diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.




2. Great Barrier Reef


karang Penghalang Besar (Bahasa Inggris: Great Barrier Reef) adalah sistem terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari – perkiraan kasar – sekitar 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.

3. Pelabuhan Rio de Janeiro

Rio de Janeiro (bermakna “Sungai Januari” dalam bahasa Portugis) adalah ibu kota Negara

Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 km² dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa (2004).

Sekitar 10 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Rio de Janeiro Raya, yang saat ini merupakan kota terbesar keempat di dunia.



4. Mount Everest


Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sansekerta untuk “Dahi Langit”) dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma (“Bunda Semesta”), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng).

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.


5. Northern Lights

Menurut NASA, northern lights ini adalah ledakan energi magnetik yang menyebabkan badai yang kemudian tampak dari bumi sebagai cahaya yang menari ini. Badai inilah yang kemudian membuat cahaya ini seolah seperti berkedip-kedip.

Seperti dikutip dari Information Week hari Jum’at (25/07/08), David Sibeck, ilmuwan dari proyek THEMIS (Time History of Events and Macroscale Interactions during Substorms), menyatakan bahwa sambil mengumpulkan energi dari matahari, garis medan magnet bumi ini mulai terentang (stretched) hingga jauh ke luar angkasa. Setelah itu, medan magnet ini kembali ke posisi semula dan melontarkan energi yang tersimpan tadi kembali ke atmosfir bumi.Proses inilah yang kemudian terlihat sebagai halo yang melingkari kutub utara dan kutub selatan.

Kelima satelit yang diluncurkan Februari 2007 ini bekerja bersama 20 observatorium yang tersebar di Kanada dan Alaska. Setiap 4 hari sekali, satelit ini berada sejajar dengan garis katulistiwa dan mengumpulkan data mengenai adai ini.

6. Volkano Paricutín


Sebelum tahun 1943 gunung berapi ini tidak ada, namun tiba-tiba terdapat aktivitas vulkanik yang mengakibatkan orang-orang di sekitar sana mengungsi, gunung muda itu terus bertambah tinggi, dalam sehari menjadi 50 meter dan saat ini aktivitasnya bisa dikatakan berhenti, dan ketinggian gunung mencapai 336 meter.

7. Air terjun Victoria


sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Tujuh_Keajaiban_Dunia

No comments:

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme